NEWS SUMBAWA

Sambut Smelter, Pemdes Belo Gandeng Disnakertrans KSB Gelar Sosialisasi dan Sharing Rekrutmen Tenaga Kerja

Jereweh, Magaparangnews – salah satu langkah cepat yang diambil pemerintah Desa Belo Kecamatan Jereweh dengan menggandeng Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Sumbawa Barat yaitu melakukan sosialisasi dan sharing tentang rencana perekrutan tenaga kerja sehubungan dengan akan di bangunnya pabrik pemurnian mineral (SMELTER) di Kecamatan Maluk KSB.

Kegiatan yang dilakukan pada Kamis, 23/06/2022 di gedung Wanita Desa Belo itu, diikuti oleh ratusan pencari kerja baru dan ex PT, NEWMONT NUSA TENGGARA yang sekarang PT. AMMAN MINERAL.

Dalam sambutannya Kepala Desa Belo Kaharuddin S,Hi.,Mpd menyampaikan ungkapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (PENTA) Disnakertrans KSB Tohiruddin, SH yang sudah mau memenuhi undangan kami.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Belo, sambung Kades, agar sekiranya dapat mempersiapkan diri lebih awal termasuk menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratan dasar memasukkan lamaran nanti,” jelas Kades Belo

Lebih jauh Kades mengungkapkan, agar kita tidak menjadi orang yang ketinggalan informasi. Maka dari itu, kami dari pemerintah Desa Belo berinisiatif lebih awal mengadakan acara ini supaya masyarakat sudah siap ketika lamaran pekerjaan mulai di buka yang rencananya pada bulan Oktober nanti.

“Kami dari pemerintah Desa Belo akan terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk Disnaker KSB untuk selalu mengapdate setiap perkembangan tentang rencana perekrutan tenaga kerja pembangunan pabrik Smelter tersebut.

Terakhir Kades mengatakan bahwa pemerintah Desa Belo akan terus mengawal rencana perekrutan tenaga kerja nanti dan akan mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat.

“Dalam hal menyiapkan berkas lamaran seperti komputer, printer, WiFi dan lain-lain termasuk ruangan khusus di kantor Desa Belo,” tutup Kepala Desa yang dikenal mempunyai jiwa sosial yang tinggi ini.

Ditempat yang sama, Tohiruddin S.H selaku perwakilan Disnakertrans KSB menyampaikan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan format yang bagus dalam megatur sistem yang akan digunakan dalam perekrutan nantinya.

“Kami juga meminta kepada Kepala Desa untuk dapat mendata seluruh warganya yang akan melamar agar kami dapat mengetahui mana yang sudah mempunyai skill, mana yang belum mempunyai skill,” imbuh Tohir.

Disnaker akan terus berkoordinasi dengan semua perusahaan yang akan melakukan perekrutan, termasuk menanyakan skill apa saja yang akan dibutuhkan nanti agar masyarakat bisa kita berikan pelatihan-pelatihan, karena saat ini kami sedang menjalin komunikasi dengan berbagai balai latihan kerja yang ada di KSB maupun NTB untuk dapat kita bekerjasama, pungkas Tohir.

“Untuk diketahui juga bahwa acara sosialisasi semacam ini akan diadakan di tingkat kecamatan nanti pada saat seluruh format yang kami sedang siapkan rampung agar seluruh lapisan masyarakat pencari kerja benar-benar paham,” tutup Kabid yang juga owner dari group band New berlind ini.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Desa Belo Kaharuddin, S.Hi.,M.pd., Tohiruddin, S.H, Kepala Bidang Penta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KSB, Ketua BPD Desa Belo, Rustam Efendy, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Belo. (MN-WENDY)

Related posts

Gencarkan Vaksinasi Massal, 3 Tempat Di Kecamatan Jereweh Diserbu Masyarakat

Redaksi Magaparang

Bawaslu KSB Gelar Rapat Kerja Teknis Hadapi Pilkada 2020

Redaksi Magaparang

Saat Tes Pra Musim MotoGP Mandalika, Begini Rekayasa Lalulintasnya

Redaksi Magaparang

Leave a Comment