NEWS

dr Carlof Beberkan Manfaat Donor Darah

Sumbawa Barat, Magaparangnews — Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan. Dimana, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa.

Donor darah juga mampu menjadi momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan, sekaligus menyehatkan tubuh. Ada banyak manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh pendonor. Seperti Mendeteksi Penyakit Serius, Meningkatkan Produksi Sel Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Direktur RSUD Asy Siyfa, dr. Carlof Sitompul mengatakan, bahwa proses donor darah tentunya harus melalui beberapa prosedur. Tiap kali seseorang ingin mendonorkan darahnya, prosedur standarnya adalah pemferiksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius.

“Hal ini penting dilakukan demi mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah. Prosedur ini juga menjadi “lampu kuning” bagi pendonor agar lebih memperhatikan kondisi kesehatannya sendiri,” jelasnya kepada media, Jum’at (12/11/2021)

Dengan donor darah juga bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Karena ketika melakukan donor darah, sel darah memang akan berkurang. Namun, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

“Proses ini akan memakan waktu beberapa minggu. Dengan kata lain, seseorang yang mendonorkan darahnya secara teratur, tubuhnya akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar,” ungkapnya.

Donor darah juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen.

“Nendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil,” tutup dr. Carlof.(Mn-Wendy)

Related posts

Nasehat Kapolri Ke Taruna Akpol: Jangan Lupa Tolong, Mafs dan Terimakasih

Redaksi Magaparang

Setiap Bayi Yang Lahir Di Indonesia Menanggung Utang Pemerintah

Redaksi Magaparang

Mantan Ketum PB HMI Pusat dan Istri Jadi Korban Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Redaksi Magaparang

Leave a Comment