NASIONAL NEWS

KPK: Jadi Bupati dan Wali Kota Butuh Rp30-100 Miliar, Bisa Jadi Dalih Maling Uang Rakyat

Jakarta, Magaparangnews – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata membeberkan jumlah dana yang dibutuhkan oleh seseorang jika ingin menjabat sebagai pemimpin daerah.

Dia mengungkapkan, bahwa untuk menjadi pemimpin daerah atau anggota legislatif di Indonesia membutuhkan biaya yang mahal.

Kita ketahui bersama bahwa memang mahal sekali untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah dan juga anggota legislatif,” ujar Alexander Marwata, dikutip dari kanal Youtube KPK RI, Selasa, 19 Oktober 2021.

Dia mengatakan, biaya yang besar dibutuhkan lantaran adanya sesuatu yang diberikan kepada masyarakat pada saat kampanye, maupun serangan fajar menjelang hari pencoblosan.

“Ada tuntutan dari masyarakat, ketika ikut dalam suatu kampanye ada sesuatu yang diberikan atau dituntut oleh rakyat itu. Dan kita tahu juga ketika menjelang pemilihan atau hari pencoblosan, itu ada pemberian atau istilah umumnya serangan fajar, pemberian uang kepada masyarakat,” tutur Alexander Marwata.

Tidak hanya terhadap masyarakat, seorang calon pejabat juga dituntut untuk memberikan uang mahar kepada partai politik yang akan ditungganginya.

“Belum lagi juga adanya tuntutan atau permintaan, yang kita kenal dengan istilahnya itu uang mahar untuk mencari kendaraan politik di parpol-parpol. Itu sesuatu yang meskipun tidak terungkap secara terbuka, tapi kita semuanya mendengar dan itu sudah sering disampaikan oleh calon-calon kepala daerah ini,” ucap Alexander Marwata.

Berdasarkan survei Menteri Dalam Negeri (Mendagri), untuk calon pejabat sekelas bupati atau wali kota sedikitnya membutuhkan biaya Rp30 -100 milliar.(MN)

Related posts

Petugas Gabungan Di KSB Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19

Redaksi Magaparang

Koramil Jajaran Kodim 1628/SB Gotong Royong Bersama Komponen Masyarakat Di Wilayahnya

Redaksi Magaparang

21 Anggota DPRD Akan Sukseskan Program HW Musyafirin dan Fud Syaifuddin ST

Redaksi Magaparang

Leave a Comment