NEWS SUMBAWA

ISI Masih Jadi Instruktur Penari Pada Festival Taliwang

Sumbawa Barat, Magaparangnews — Suksesnya penyelenggaraan Festival Taliwang ditahun 2019 lalu, tentunya tidak terlepas dari berbagai pihak, bukan hanya Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan instansi-instansi terkait lainnya.

Tetapi, kesuksesan itu juga tentunya tidak terlepas dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta selaku instruktur sebanyak 500 penari yang tampil memukau dan dapat mengalihkan seluruh tamu undangan yang turut menyaksikan.

Kepada Media, Kamis (14/10/2021). Kepala Disparpora, Ir. IGB Sumbawanto M.Si membenarkan bahwa pihaknya masih menggandeng ISI sebagai instruktur dalam Festival Taliwang yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini.

“Kami masih menggandeng ISI, Karena kesuksesan Festival Taliwang sehingga masuk dalam 100 Calendar of Event dari tahun 2019 hingga 2021 ini tentunya tidak terlepas dari jerih paya mereka,” jelas IGB Sumbawanto.

Institut Seni Indonesia Surakarta memiliki visi untuk menjadi institut yang berperan sebagai pusat unggulan kreativitas dan keilmuan seni-budaya untuk membentuk insan Indonesia cerdas, kompetitif, dan berkarakter.

Tak hanya itu, ISI juga merupakan salah satu dari 7 perguruan tinggi negeri sejenis yang ada di Indonesia yang memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

“Dari situ saya awalnya saya melihat, bahwa ISI ini cocok untuk mengangkat kembali budaya, adat-adat masyarakat Sumbawa Barat zaman dulu, lalu diimplementasikan menjadi bentuk seni berupa tarian budaya,” jelasnya.

Nah… untuk Festival Taliwang ditahun 2021 ini, kata IGB Sumbawanto, memang ada sedikit perubahan, dimana pada Festival Taliwang 2019 lalu pihak ISI yang menentukan tema dari event tersebut. Sedangkan untuk Festival Taliwang ditahun 2021 ini, pihaknyalah yang menentukan temanya.

“Dulu memang mereka yang menentukan temanya, tetapi ditahun ini kami yang menentukan. Jadi, kami hanya memberikan materi dan sinopsis dari tema ‘isong bale’, sehingga mereka tinggal menyesuaikan tarian yang akan ditampilkan sesuai dengan tema tersebut,” pungkasnya.(Mn-Wendy)

Related posts

Tersebar Luas Video Karyawan Macmahon Tidak Diberi Makan Dari Pagi Sampai Malam

Redaksi Magaparang

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin Memantau Langsung Vaksinasi Massal di Sejumlah Lokasi

Redaksi Magaparang

BKN Pastikan Pelaksanaan Tes CPNS 2021 Paling Lambat Dimulai Juni

Redaksi Magaparang

Leave a Comment