NEWS SUMBAWA

Setiap Tahun, Destinasi Wisata KSB Akan Dikembangkan

Sumbawa Barat, Magaparangnews — Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memeliki Destinasi Wisata lokal berskala prioritas yang akan dikembangkan dan ditata oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora).

Dimana, Destinasi Wisata tersebut akan dikembangkan dan ditata secara bergilir setiap tahunnya sesuai dengan Rap Map pembangunan destinasi wisata Sumbawa Barat tahun 2022 hingga tahun 2026 yang telah masuk Riparda.

“Setiap tahunnya akan ada 2 destinasi yang akan dikembangkan dan ditata, hal itu dilakukan agar kami dapat fokus mengerjakannya,” kata Kepala Disparpora, Ir. IGB Sumbawanto M.Si melalui Sekretaris Dinas, Dr. Zainuddin, SH., MM. Senin (11/10/2021).

Ia menjelaskan, ditahun 2022 mendatang, pihaknya akan fokus mengembangkan destinasi wisata Desa Mantar dan Danau Rawa Lebo, sedangkan ditahun 2023, pihaknya akan fokus mengembangkan destinasi wisata Teluk Taliwang.

“Teluk Taliwang itu pokoknya dari Pantai Balad, Penyisi, Poto Batu sampai Labu Lalar. Nantinya akan kita bangun jalan dari Pantai Balad hingga Penyisi dan kami akan membangun jembatan untuk menghubungkan Penyisi dengan Poto Batu,” jelasnya.

Ia mengakui, bahwa wisata Pantai Balad hingga Poto Batu masih berskla lokal karena masih berada didesa dan berada di kecamatan yang kawasannya kecil. Tidak menutup kemungkinan jika jalannya telah rampung maka akan ada investor yang akan datang dan membangun disana.

“Dengan adanya investor membangun hotel dan pasilitas lainnya disana, tentu objek wisata sekitar akan semakin ramai dong, dan masyarakat setempat juga tentu akan bermukim disana, sehingga penduduk nantinya akan besar dan banyak, sehingga wisata disana dapat menjadi wisata nasional,” jelasnya.

Tak hanya itu, dengan ramainya pengunjung yang datang, tentunya akan ada multiplayer efek bagi kelestarian kawasan sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat, para pelaku UMKM setempat.

“Wisatawan datang pasti banyak yang belanja, sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat dan berkembang, hal ini juga kan dapat mengurangi ketimpangan ekonom,” pungkasnya.(Mn-Wendy)

Related posts

Seorang Guru Ngaji di Jereweh Cabuli Dua Anak di Bawah Umur

Redaksi Magaparang

Kapolsek Seteluk Bersama Bhayangkari Distribusi Air Bersih Hut Bhayangkara ke-74

taujago

Kepala Sekolah SDN Benete Mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya H.W.Musyafirin dan Fud Syaifuddin Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat Periode 2021-2025

Redaksi Magaparang

Leave a Comment