NEWS PEMERINTAH DESA

Pemdes Goa Bersama CV. Silfa Melaksanakan Peletakan Batu Pertama Pamsimas

Jereweh, Magaparangnews – Kepala Desa Goa Baihaqi bersama CV. Silfa resmi memulai pengerjaan sarana air minum yang di bangun melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Goa, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Selasa (27/07/2021).

Proyek yang sumber anggarannya berasal dari dana DAK pusat ini merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable Development (SDGs) pada sektor lingkungan hidup adalah memastikan masyarakat mencapai akses air minum dan sanitasi di tahun 2030. Di samping itu, melalui RPJMN tahun 2020-2024 pemerintah Indonesia di tahun 2024 juga menargetkan untuk menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia.

Berkaitan dengan hal itu, Kades Baihaqi meminta kepada perusahaan pelaksana agar dapat bekerja secara profesional dengan lebih memprioritaskan kualitas mulai dari bahan hingga sistem pengerjaannya.

Nampak Kepala Desa Goa Baihaqi melaksanakan peletakan batu pertama program Pamsimas bersama CV. Silfa 

“Kualitas pengerjaan harus menjadi skala prioritas agar manfaatnya maksimal dirasakan masyarakat. Dan kita harus banyak belajar dari program Pamsimas yang gagal sebelumnya,” Jelas Kades Baihaqi.

Sambung kepala Desa Goa, Pamsimas yang sedang kita bangun ini insya Allah akan mempunyai bahan dan kapasitas yang lebih bagus agar kedepannya bisa ditambah jumlah penerima manfaat termasuk para petani dan peternak karena sumurnya lumayan besar dan dalam.

“Dengan cukup dalam dan besarnya sumur ini maka akan mampu mengairi juga lahan pertanian seluas satu-dua hektar. Untuk itu kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa mendukung program pemerintah yang sangat baik ini untuk Desa kita tercinta,” harap kades Baihaqi.

Kedepan, jelasnya, kami juga mempunyai program jangka menengah yaitu dengan menjadikan sumber mata air Bual yakni lokasi Pamsimas ini untuk kami jadikan sebagai lokasi wisata.

“Karena di sekitar itu juga ada di bangun pondok tahpis yang tentu nantinya bisa dimanfaatkan oleh anak-anak pondok untuk tempat rekreasi agar mereka tidak mudah jenuh, tungkas Kades Baihaqi.

Selain itu, kata Kades Baihaqi, Untuk kebutuhan petani dan peternak, nantinya kami berencana untuk mengadakan satu pompa dan menambah sumur lainnya sebagai penopang sumber sumur saat ini.

“Tujuannya, agar airnya tidak mudah kering. Anggarannya rencana akan kami alokasikan melalui APBDes,” tutur Baihaqi.

Terakhir disampaikannya, bahwa Pemerintah Desa Goa juga mengharapkan bantuan dan dukungan dari pemerintah yang lebih tinggi baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi sehingga program ini lebih punya mutu dan berkualitas.

“Oleh karena itu, bantuan Pemprov dan Pemda dalam program yang betul-betul bermanfaat bagi masyarakat ini dapat disupport,” tutup kades Baihaqi. (Mn-Wendy)

Related posts

Kades Dasan Anyar Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76 Tahun

Redaksi Magaparang

Desa Wisata Mantar Manjakan Mata Wisatawan

Redaksi Magaparang

Konstruksi Kasus Korupsi Bupati Banjarnegara, Aktif Minta Biaya hingga Libatkan Perusahaan Keluarga

Redaksi Magaparang

Leave a Comment