NEWS SUMBAWA

Ketua FTJMS Mendukung Penuh Pembangunan Smelter Di Maluk

Ketua FTJMS : ” Pembangunan pabrik pemurnian smelter agar dapat memprioritaskan tenaga kerja lokal khususnya masyarakat Jereweh, Maluk, Sekongkang dan KSB pada umumnya “.

Jereweh, Magaparangnews — PT Amman Mineral Industri (AMIN), afiliasi PT. Medco Energi Internasional TBK (MEDC) telah resmi menggandeng perusahaan China untuk membangun pabrik pemurnian smelter tembaga di Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini di tandai dengan diterbitkannya letter of intent (LOI) untuk konsorsium NFC (China Non ferrous Metal industry’s Foreign Engineering and construction co.Ltd) sebagai kontraktor engineering, procurement dan construction (EPC), dan NERIN (China Nerin Engineering co.Ltd.) sebagai penyedia layanan tekhnis, untuk pembangunan proyek smelter Amman berdasarkan Lump Sum Turn Key (LSTK).

Penandatanganan LOI dilakukan secara virtual pada, Kamis 22 Juli 2021 oleh presiden Direktur AMIN Rachmad makkasau di kantor pusat Amman di Jakarta, yang turut di saksikan oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan djamaluddin.

Menyikapi hal itu, Ketua Forum Tokoh Jereweh Maluk Sekongkang (FTJMS) melalui media ini, Minggu (25/07/21) menyampaikan harapan-harapan masyarakat lingkar tambang sehingga dalam perjalanannya pembangunan smelter dapat mendatangkan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

“Dengan resminya Amman Mineral menunjuk perusahaan China untuk smelter, maka kami berharap Amman Mineral selalu berkomitmen dalam hal pembangunan pabrik pemurnian smelter agar dapat memprioritaskan tenaga kerja lokal khususnya masyarakat Jereweh, Maluk, Sekongkang dan KSB pada umumnya,” ungkap Hasan, SE selaku Ketua Forum Tokoh Jereweh Maluk Sekongkang (FTJMS).

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, agar dalam pembangunan pabrik pemurnian smelter tersebut diharapkan juga dapat memanfaatkan potensi bahan-bahan lokal yang tersedia didalam KSB.

“Tentunya jika ini dilakukan, maka perekonomian masyarakat akan mampu bergerak dan tumbuh, mengingat saat ini dalam masa pandemi covid-19 pergerakan ekonomi masyarakat Jereweh, Maluk dan Sekongkang hampir bisa dikatakan lumpuh total,” Tukasnya.

Selain itu, ia juga menaruh harapan, agar dalam hal lingkungan Amman Mineral juga harus berkomitmen untuk selalu menjaga dan menghindari serta dapat meminimalisir potensi-potensi bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

“Komitmen perusahaan terhadap lingkungan sangat penting, khususnya pada wilayah kami lingkar tambang ini. Untuk itu, kami sangat berharap agar keseriusan dalam pengelolaan lingkungan dapat menjadi perhatian serius nantinya,” Ujar pria yang dikenal memili sosial tinggi ini..

Terakhir disampaikannya, jika poin-poin diatas yang kami sampaikan mampu dipegang dan dilaksanakan oleh Amman Mineral, maka kami optimis pembangunan smelter akan mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat.

“Dengan terakomodirnya sejumlah poin diatas oleh perusahaan, maka kami dari Forum Tokoh Jereweh Maluk Sekongkang (FTJMS) bersama seluruh lapisan masyarakat dapil tiga akan mendukung sepenuhnya kegiatan pembangunan pabrik pemurnian smelter ini,” Pungkasnya.(Mn-Wendy)

Related posts

Petugas Gabungan Di KSB Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19

Redaksi Magaparang

SD SMP Satu Atap Jereweh Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76 Tahun

Redaksi Magaparang

Menpan RB: Pendaftaran CPNS 2021 Dimulai April-Mei

Redaksi Magaparang

Leave a Comment