NEWS PEMERINTAH DESA SUMBAWA

Pemdes Beru Pasang Baliho APBDes 2021 Di Alun-alun Kota Jereweh, Sebagai Wujud Transparansi Kepada Publik

Jereweh, Magaparangnews — Dalam upaya menuju tata laksana pemerintahan desa yang baik (Good Governance), Pemerintah Desa Beru Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menerapkan asas transparansi dalam pengelolaan tata pemerintahan desanya, terutama dalam hal pengelolaan keuangan desa.

Salah satu bukti dan cara yang diterapkan Pemdes Beru dengan memasang dan mempublikasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021 di lokasi strategis alun-alun Kota Jereweh sehingga mudah dibaca oleh masyarakat.

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Beru, pemasangan baliho di alun- alun dilakukan karena keterbukaan APBDes tidak hanya diakses warga Desa Beru saja melainkan kepada seluruh masyarakat luas.

“Ini bukti kesungguhan kami dalam bekerja, berpikir dan berbuat bagi rakyat, sehingga dengan pemasangan baliho APBDes di Alun-alun Jereweh, menjadi bukti bahwa Pemerintah Desa telah secara jujur dan transparan mempublikasikan setiap kegiatan pembangunan khususnya dalam penggunaan dan pengalokasian Dana Desa serta kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa,” ungkap Sekretaris Desa Beru M. Adnan saat ditemui media Magaparang News diruang kerjanya pada, Kamis 21 Mei 2021.

Sekretaris Desa Beru M. Adnan saat diruang kerjanya

Mengenai APBDes baik pengalokasian, penggunaan hingga rincian anggaran kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah desa, merupakan kejujuran dan transparansi sebagai wujud Pemerintah Desa yang bersih, dengan kejujuran dan transparansi anggaran.

“Maka dari itu, masyarakat khususnya Desa Beru bisa melihat dan turut serta mengawasi langsung pembangunan di desa. Dengan pemasangan baliho APBDes, maka Pemdes ingin menunjukkan bahwa dalam setiap pengelolaan APBDes selalu transparan,” Jelas Sekdes Adnan akrab pria ini disapa.

Lanjutnya, hal ini juga sesuai instruksi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, mewajibkan agar setiap desa memasang atau memampang baliho APBDes 2021 yang tertuang rincian Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Pendapatan Asli Daerah (PAD) supaya masyarakat dapat mengetahuinya.

Pemasangan Baliho APBDes Beru Tahun 2021 yang dipasang diposisi strategis Alun-alun kota Jereweh

“Karena kewajiban tersebut juga ditegaskan dalam aturan dari Kementerian Dalam Negeri (mendagri ) Republik Indonesia Nomor 113 tahun 2014, tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 40 ayat 1 tentang Laporan Realisasi dan Pertanggung jawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes,” tegas Sekdes Adnan.

Sekdes Adnan menambahkan, pada dasarnya APBDes bukanlah sebuah hal yang harus dirahasiakan keberadaanya, semua unsur masyarakat berhak untuk mengetahui isi dari APBDes, dan tugas pemerintah desa adalah membuka informasi kepada masyarakat seluas-luasnya. Agar partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa turut ikut serta andil didalamnya.

Terakhir ia menyampaikan, melalui pemasangan papan informasi transparansi dana APBDes tersebut, masyarakat dapat mengetahui, mendukung, dan ikut mengawasi  Program Pembangunan Desa Dero Tahun 2021.

“Diharapkan masyarakat mau membaca, sehingga dapat mengetahui apa saja rencana kerja dari Pemerintah Desa Beru setahun kedepan berikut dananya, serta mau berpartisipasi dalam mensukseskan program kerja tersebut,” pungkasnya.

Terpisah, Rabiollah MS selaku tokoh masyarakat Desa Beru sangat mengparesiasi terkait transparansi dan keterbukaan Pemerintah Desa Beru dengan memasang papan informasi APBDes di Alun-alun kota Jereweh.

Rabiollah MS Tokoh Masyarakat Kecamatan Jereweh yang juga mantan Kasi Pemerintahan Desa Beru

“Ini sebuah langkah maju dan lebih maju dari desa-desa lainnya yang ada di KSB, karena keterbukaan dilakukan tidak hanya kepada masyarakat Desa Beru namun dibuka seluas-luasnya kepada khalayak ramai,” Puji Abi akrab tokoh masyarakat ini disapa.

Abi yang juga mantan Kasi Pemerintahan Desa Beru ini menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada Kepala Desa Beru Joehari Effendy, S.Ap atas seluruh pengabdian dan dedikasinya kepada desa tercinta ini.

“Ucapan ini saya sampaikan, tentu karena prestasi dan keberhasilan beliau dalam memimpin Desa Beru ini. Mulai dari aspek pembangunan dan pengalokasian anggaran yang dilakukan secara transparan, dan ini sangat baik dan bagus buat kemajuan Desa Beru kedepan,” papar Abi.

Dengan demikian, lanjut Abi, masyarakat juga dapat mengetahui dan mencermati rincian pengelolaannya secara jelas dan dapat menepis isu-isu miring yang berkembang ditengah masyarakat.

“Transparansi anggaran desa merupakan bentuk pertanggungjawaban pihak pemerintah Beru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat tentang realisasi penggunaan anggaran,” tutup Abi tokoh masyarakat Jereweh menutup statementnya.(MN)

Reporter : Raden Sujono (Jefi)

Related posts

Desa Dasan Anyar Gelar Panen Rakyat Tambak Udang, Bupati Apresiasi Keberhasilan Kades Solihin

Redaksi Magaparang

UPTD PUSKESMAS MALUK MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS PELANTIKAN H.W.MUSYAFIRIN DAN FUD SYAIFUDDIN SEBAGAI BUPATI DAN WAKIL BUPATI SUMBAWA BARAT PERIODE 2021-2025

Redaksi Magaparang

Basarnas Mencari di Titik Duga Hilangnya Kontak Pesawat Sriwijaya

Redaksi Magaparang

Leave a Comment