NEWS PEMERINTAH DESA

Kades Joehari Gelar Buka Puasa Bersama Warga, BPD : Beliau Pemimpin Yang Tanggap

Kades Joe : “Kegiatan buka puasa bersama ini selain menjadi wasilah juga menjadi sarana mendapatkan fadilah silaturahmi, sehingga menjadikan kita semua insan yang bertaqwa dan bermanfaat bagi sesama manusia”

Jereweh, Magaparangnews — Sebagai upaya membangun sinergitas dan mempererat tali silaturrahmi di Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Pemerintah Desa Beru, Kecamatan Jereweh menggelar acara buka puasa bersama warga.

Kegiatan buka bersama tersebut dilaksanakan atas inisiasi dari Kepala Desa Beru sebagai bentuk rasa syukur datangnya bulan suci ramadhan, bertempat di halaman kantor desa.

“Pelaksanaan buka bersama ini merupakan hajatan yang dilaksanakan satu kali dalam setahun oleh pemerintah desa. Hal ini kita laksanakan semata-mata untuk mempererat tali silaturrahmi , kerukunan antara masyarakat dan untuk mengikis perbedaan-perbedaan pedapat ditengah masyarakat,” ungkap Kepala Desa Beru Joehari Effendy, S.Ap kepada media ini disela acara buka bersama warga, Jum’at (07/04/2021).

Kepala Desa Beru Joehari Effendy, S.Ap

Menurut Kades Beru, jadi lebihnya kami melaksanakan acara buka bersama ini, sesungguhnya untuk mensosialisasikan tentang Perdes Sampah yang didalamnya menyangkut iuran-iuran sampah kepada masyarakat.

“Agar setidaknya masyarakat pun bisa mengetahui bahwa tarif yang sudah ditetapkan Pemdes Beru dan BPD adalah tarif yang sah. Dan pungutan iuran yang dilaksanakan oleh ketua RT adalah pungutan yang sah yang sudah diatur didalam Perdes,” jelas Kades Joe akrab pemimpin ini disapa.

Selain itu, lanjutnya menjelaskan, bahwa momentum buka puasa bersama ini untuk mempererat tali silaturrahmi dengan seluruh komponen dan elemen yang ada di Desa Beru.

“Dan sebagai bentuk rasa kesyukuran Pemerintah Desa atas segala rahmat dan ridho Allah SWT sampai dengan saat ini penyelenggaraan pemerintah desa berjalan secara tertib dan kondusif,” beber Kades Joe.


Suasana kegiatan buka bersama berjalan dengan lancar dan meriah, dengan menerapkan standart protokol Covid-19

Lebih lanjut Kades Joe menjelaskan, harapannya dengan puasa ramadhan dan kegiatan buka puasa bersama ini selain menjadi wasilah untuk meraih amalan menghidupkan malam di Bulan Ramadhan, juga semoga menjadi sarana mendapatkan fadilah silaturahmi sehingga menjadikan kita semua insan yang bertaqwa dan bermanfaat bagi sesama manusia.

“Kemudian kami menyampaikan terimakasih kepada berbagai pihak yang sudah berpartisipasi dan hadir dalam acara buka puasa bersama ini, whabil khusus kehadiran dari kawan-kawan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” katanya.

Kemudian kami atas nama Pemdes Beru, jelas Kades Joe, menitipkan harapan sekaligus himbauan kepada masyarakat Desa Beru, khususnya kepada seluruh masyarakat yang akan merayakan peringatan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, atas nama pribadi, atas nama pemerintah desa bersama BPD kami menyampaikakn ucapan selamat memperingati hari raya Idul Fitri 1442 H.

“Diharapakan masyarakat tetap mengikuti protokol- protokol kesehatan dari pemerintah, untuk menghindari penyebaran pandemi Covid-19 yaitu dengan mematuhi 5 hal yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu memakai masker, mejaga jarak, mencuci tangan pake sabun, menghindari mobilitas dan menghindari kerumunan,” pungkas Kades

Penting kami sampaikan, agar ini dapat dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Desa Beru, utamanya pada saat pelaksanaan peringatan hari raya idul Fitri.

Sementara salah satu Anggota BPD, Saharuddin S.Pd., MM menyampaikan, alhamdulillah ini merupakan ajang silaturrahmi, dan salah satu cara untuk menggalang rasa kebersamaan antara masyarakat dengan Pemerintah Desa.

Anggota BPD Desa Beru, Saharuddin, S.Pd.,MM

“Moment seperti ini jarang terjadi, kami dari BPD sangat mengapresiasi, memang hal seperti ini yang harus kita galakkan terus agar rasa kekeluargaan dan kekerabatan terus terjalin di desa Beru,” ucap Saharuddin salah satu anggota BPD ini.

Ia juga mengatakan, intinya kita bisa membangun Desa Beru melalui hasil kerjasama, baik antara masyarakat, pemerintah dan seluruh stekholder yang ada di desa ini.

Menurut Saharuddin, hal-hal seperti ini menjadi penting untuk terus dilakukan, kecil memang tapi dampaknya sangat luas. Apalagi acara ini dihadiri bukan saja oleh tokoh, tapi mengundang masyarakat yang tidak mampu sehingga momentum berbaginya lebih bermanfaat dan terasa manfaatnya.

“Jadi pak kades ini pemimpin yang sangat tanggap dan responsif dengan melaksanakan buka bersama warga, dan semoga rutin dilaksanakan setiap tahun, kemudian esensi dari buka bersama ini bukan dilihat dari hidangan makanan yang enak, namun yang paling esensi adalah silaturrahmi,” tutup Saharuddin.

Adapun yang hadiri dan turut berpartisipasi dalam acara buka bersa antara lain ; Seluruh unzur BPD, Ketua RT dan Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat, Warga diseputaran desa, LPM, Linmas, Bumdes dan seluruh Perangkat Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.(MN)

 

Reporter : Sujono

Related posts

Ketua LATS Jereweh Tuding PT AMNT Minim Kontribusi

Redaksi Magaparang

Ciftakan Masyarakat Religi, Kades Baihaqi Galakkan Program Gerakan Goa Mengaji

Redaksi Magaparang

Undian 16 Besar Liga Champions: Modal Apik Juventus untuk Hadapi Porto

Redaksi Magaparang

Leave a Comment