NEWS PEMERINTAH DESA

Pemdes Goa Gelar Buka Bersama Warga, Kades Baihaqi: Mari Melestarikan Budaya Agar Tidak Punah

Kades Baihaqi : Kegiatan buka bersama menjadi instrumen pemersatu dan mempererat tali silaturrahmi “

Jereweh, Magaparangnews — Dalam rangka melestarikan adat dan budaya masyarakat yang hampir punah, Pemerintah Desa Goa, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar acara buka bersama menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Pasalnya, acara buka bersama ini secara perlahan sudah mulai ditinggalkan warga. Sehingga Kades Baihaqi bersama seluruh perangkat desa mengambil langkah untuk menghidupkan kembali budaya tersebut melalui kegiatan buka bersama.

“Buka bersama ini merupakan kegiatan budaya masyarakat yang kita mulai angkat kembali setelah 4 tahun tidak jalan, tujuannya agar hubungan silaturrahim antara masyarakat bisa terjalin lewat kegiatan buka bersama ini,” ucap Kepala Desa Goa Baihaqi saat dikomfirmasi media ini disela-sela kegiatan buka bersama, Sabtu (01/04/2021).

Suasana acara buka bersama Pemdes Goa dengan warga desa

Menurut Kades Baihaqi, kegiatan buka bersama menjadi instrumen pemersatu antara warga desa maupun antara warga dengan Pemdes Goa itu sendiri.

“Dimana ada kebersamaan maka disitulah ada persatuan, oleh karena itu kegiatan buka bersama kita angkat kembali untuk menciftakan keharmonisan didalam sebuah keluarga besar Desa Goa,” jelasnya.

Sambung Kades Baihaqi, sebuah keharmonisan penting sekali untuk dibangun dalam sebuah tatanan sosial kemasyarakatan. Dimana keharmonisan menjadi sebuah indikator maju dan tidaknya suatu wilayah.

“Dalam hal kepemimpinan tidak mungkin harapan warga bisa kita wujudkan semua, karena berbagai karakter dan tipikal warga desa yang membuat kita tidak bisa menyatukan visi dalam menyukseskan progam-program desa, itu sangat kita sadari,” ulasnya.

Meskipun demikian, lanjutnya menjelaskan, Pemdes Goa tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat, karena itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai pemerintah.

“Dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang ada bukan menjadi hambatan dalam mendedikasikan diri bagi desa tercinta ini,” beber Kades Baihaqi.

Sekali lagi, lebih lanjut kades menegaskan, buka bersama di Masjid Muttaqin Desa Goa merupakan budaya Desa Goa yg sudah ditinggal sejak 4 tahun yang lalu dan kita angkat kembali.

“Kita berharap, melalui tradisi buka bersama warga dapat menyucikan hati dengan saling bermaafan serta bentuk ucapan rasa syukur menyambut datangnya bulan Ramadhan ini,” pungkas Kades.

Senada dengan Kasi Pemerintahan Desa Goa, Abdul Hasyim saat dikonfirmasi media ini, bahwa kegiatan buka bersama ini sangat positif dan dapat mempererat tali silaturrahmi yang sempat renggang karena perbedaan politik.

Kasi Pemerintahan Desa Goa, Abdul Hasyim atau BR

“Mari kita sudahi perbedaan dan kita rajut kebersamaan demi kemajuan desa tercinta. Dan insyaallah, kegiatan buka bersama oleh pak Kades akan diselenggarakan secara berkesinambungan disetiap tahun,” imbuh pria yang akrab disapa BR ini.

Selain itu, BR juga mengajak masyarakat untuk bersinergi, karena untuk membangun Desa Goa tidak dapat dilakukan sendiri, perlu dukungan dari berbagai pihak agar semua itu dapat berjalan.

”Sebuah keberhasilan itu tidak terlepas dari kerjasama yang baik, dengan saling bergandengan tangan mendukung program yang telah direncanakan. Stop saling membenci antara satu dengan yang lain. Sudah saatnya kita sama-sama memikirkan Desa Goa kedepan yang lebih baik lagi. Mari kita akhiri tradisi saling menjatuhkan,” pungkas BR.

Dalam pantauan media Magaparangnews, kegiatan berjalan secara khidmat dan penuh kemeriahan, masyarakat yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan buka bersama. Kegiatan buka bersama ini juga menerapkan standart protokol Covid-19 yang sangat ketat, mulai dari jaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan di air mengalir.

Adapun yang turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan buka bersama antara lain, Kapolsek Jereweh, Perangkat Desa, seluruh Kadus dan RT, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Goa, Remaja masjid, Organisasi Gerakan Goa Mengaji (GGM) dan segenap komponen masyarakat Desa Goa.(MN)

Reporter : Raden Sujono (Jefi)

 

Related posts

DPC PDI Perjuangan Peringati HUT Partai Ke 48, Rawat Tradisi Dengan Menanam Pohon

Redaksi Magaparang

Perkuat Pengelolaan Dana Ummat, Baznas dan LKKS NTB Bangun Kemitraan

Redaksi Magaparang

Seorang Kakek 60 Tahun Ditangkap Sat Narkoba Polres Sumbawa Barat

Redaksi Magaparang

Leave a Comment