NEWS PEMERINTAH DESA SUMBAWA

Wujudkan Transparansi, Kades Baihaqi Pajang Papan Informasi APBDes Tahun 2021

Jereweh, Magaparangnews — Sebagai salah satu wujud transparansi dan keterbukaan anggaran, Pemerintah Desa Goa, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), memasang papan informasi yang memuat informasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2021.

Tujuan papan informasi dalam bentuk baliho itu, agar warganya dapat mencermati pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun berjalan.

“Pada dasarnya APBDes bukanlah sebuah hal yang harus dirahasiakan keberadaanya, semua unsur masyarakat berhak untuk mengetahui isi dari APBDes, dan tugas pemerintah desa adalah membuka informasi kepada masyarakat seluas-luasnya. Agar partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa turut ikut serta,” ungkap Kepala Desa Goa Baihaqi saat ditemui media ini diruang kerjanya, Selasa (27/04/2021).

Pemerintah desa ingin menunjukkan bahwa dalam setiap pengelolaan APBDes selalu transparan. Dengan demikian, masyarakat juga dapat mengetahui besar rincian pengelolaannya.

“Pemasangan papan APBDes itu sebagai bentuk transparansi anggaran dan program desa kepada masyarakat. Mulai dari pendapatan desa yang terdiri dari pendapatan transfer dan pendapatan asli  desa (PAD), bidang penyelenggaraan pemerintahan desa seperti belanja pegawai, operasional kantor, dan operasional desa,” sebutnya.

Selain itu, dicamtumkan pula anggaran bidang pemberdayaan masyarakat, bidang pembinaan kemasyarakatan, serta bidang penanggulangan bencana darurat dan mendesak desa.

“Semuanya tercantum dalam satu baliho yang berukuran 3 x 2,5 meter, informasi APBDes itu dipasang di samping bagian depan Kantor Desa Goa,” tambah Kades yang dikenal sangat merakyat oleh warga ini.

Baliho papan informasi APBDes Goa tahun 2021 terpasang didepan kantor desa

Masih keterangan Kades Baihaqi, diharapkan melalui pemasangan papan informasi transparansi dana APBDes tersebut, masyarakat dapat mengetahui, mendukung, dan ikut mengawasi  Program Pembangunan Desa Goa Tahun 2021.

“Selain itu agar lebih mudah dilihat masyarakat khususnya terkait alokasi anggaran Desa Goa. Serta sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban anggaran desa,” ulas Kades.

Lebih jauh Kades Baihaqi menyampaikan, hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dimana desa harus membuat papan informasi didepan umum tentang rancangan anggaran pendapatan dan belanja desa.

“Transparansi dan akuntabilitas anggaran desa merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan Desa Goa yang lebih baik. Sehingga, saat masyarakat ingin melihat rincian Anggaran Belanja Pemerintah Tahun 2021 dapat melihat di depan kantor desa,” pungkas Kades Baihaqi.

Senada dengan Kasi Pemerintahan Abdul Hasyim, pemasangan papan informasi APBDes dilakukan atas dasar prinsip Transparansi Keuangan Desa yang berisikan kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2021.

Kasi Pemerintahan Desa Goa, Abdul Hasyim atau BR

“Rincian penggunaan anggaran sudah ada di papan infografis semua. Jadi nanti masyarakat harapannya tidak bingung soal program-program Pemerintah Desa yang menggunakan Anggaran Dana Desa” kata Kasi Pemerintahan Desa Goa

Lanjut pria yang akrab disapa BR melanjutkan, Sosialisasi APBDes bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat Desa Goa untuk turut serta dalam pengawasan pelaksanaan program pembangunan Desa.

“Sehingga apa yang menjadi program pembangunan yang menggunakan anggaran desa bisa mencapai hasil yang optimal untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Goa” tutup Abdul Hasyim diakhir statementnya.(MN)

Reporter : Raden Sujono (Jefi)

Related posts

Kapolda NTB Ancam Copot Kapolres, Jika Laju Covid-19 Tak Bisa Dikendalikan

Redaksi Magaparang

Koramil Jajaran Kodim 1628/SB Gotong Royong Bersama Komponen Masyarakat Di Wilayahnya

Redaksi Magaparang

Irawansyah Beri Masukan Pemerintah KSB, Perlu Tambah Distributor Pupuk Bersubsidi

Redaksi Magaparang

Leave a Comment