NEWS PEMERINTAH DESA SUMBAWA

Gerakan Goa Mengaji Terus Lahirkan Program Inovatif, Kades Baihaqi Suport Penuh

Jereweh, Magaparangnews — Dalam rangka meminimalisir konflik antara Pemerintah Desa dan kelompok masyarakat, Baihaqi Kepala Desa Goa Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus berupaya semaksimal mungkin menjalankan roda pemerintahan secara profesional.

Sejumlah terobosan dan beberapa langkah strategis diambil Pemdes Goa, dimana salah satunya dengan mensuport penuh kegiatan TBA (Tuntas Baca Al-Qur’an).

” Melalui kegiatan TBA ini kami membentuk sebuah organisasi yaitu Gerakan Goa Mengaji (GGM), dimana tujuannya GGM berdasarkan program kami 4 pilar Pembangunan Desa yaitu harmonisasi,” ungkap Baihaqi Kepala Desa Goa kepada media ini, Jum’at 16 April 2021.

Nampak Kades Baihaqi dan Ketua GGM Arief Rahman Hakim hadir dalam acara yasinan di Central Gerakan Goa Mengaji

Menurut Kades Baihaqi, dengan adanya program GGM kami menginginkan hubungan silaturrahmi antara masyarakat dengan pemerintah dan hubungan masyarakat dengan masyarakat lainnya terjalin dengan baik.

” Selain langkah-langkah mengaji, kami juga membuat kelompok seni dengan nama ‘Hadro’ yang merupakan bagian dari kegiatan GGM, dimana kelompok seni tersebut awalnya dilakukan masyarakat Dusun Mutiara, yang pertama kali disuport ustad Muslimin kepala KUA Jereweh,” jelas Kades Baihaqi.

Masih keterangan Kades Baihaqi, kedepan juga setelah lebaran kami akan melaksanakan yasinan bulanan secara keseluruhan di Desa Goa dan rencana akan dilaksanakan dilapangan sepakbola.

” Khusus kegiatan GGM kami sudah menganggarkan melalui APBDes, selain itu selama bulan ramadhan ini GGM akan bekerjasama dengan remaja masjid dan ada beberapa kegiatan perlombaan diataranya, seperti lomba mengaji, tahfiz dan lomba cerdas cermat,” kata Kades Baihaqi.

Lebih jauh Baihaqi menjelaskan, inovasi program yang kami lakukan bertujuan untuk menciftakan kepercayaan dari masyarakat, bagaimana menghadirkan persatuan dilingkungan masyarakat dan bagaimana menghadirkan keharmonisan disemua kelompok masyarakat.

” Menciftakan stabilitas dan kondusifitas desa menjadi tanggung jawab bersama sehingga dibutuhkan sinergitas dengan semua kelompok lapisan masyarakat,” harap kades.

Terakhir ia menyampaikan, saat ini kita baru berbicara 1 kelompok hadro, dimana hadro ini lebih fokus kepada kegiatan dzikir yang nantinya dibawakan dalam bentuk lagu.

Sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Seni Hadro Desa Goa 

” Jenis musiknya religi yang dilengkapi dengan gendang dan rebana, dan siapa tahu di dusun-dusun lain yang memiliki program lain dan insyaallah akan kami suport juga,” tutup Kades Baihaqi.

Ditempat yang sama, Arief Rahman Hakim selaku Ketua Gerakan Goa Mengaji (GGM) mengungkapkan, bahwa inisiasi dari kegiatan GGM ini agar bisa merubah perilaku masyarakat yang dinilai saat ini masih jauh dari agama.

” Dimana melihat kondisi masyarakat yang masih kurang dari sisi kemampuan mengaji dan aktifitas muda mudi yang jauh dari religi karena terdegradasi dari kemajuan tekhnologi saat ini,” papar Arief sapaan akrab Ketua GGM.

Ketua Gerakan Goa Mengaji (GGM) Arief Rahman Hakim

Ia juga menyampaikan, sejak awal berdiri GGM telah melaksanakan sejumlah program seperti mengaji rutin, yasinan setiap malam jum’at, dan safari yasinan.

” Selain itu, kegiatan besar juga kami laksanakan, seperti tabliq akbar, kegiatan muharram, kegiatan maulid. Alhamdulillah kehadiran GGM sangat terasa ditengah masyarakat, semangat pemuda menimba ilmu agama semakin lebih baik,” paparnya.

Masih keterangan Arief, GGM juga terus melakukan inovasi program dengan membuat gerakan sedekah subuh.

” Jadi kami minta kepada seluruh anggota GGM dan seluruh masyarakat yang berminat mengikuti program sedekah subuh diharapkan bisa mengeluarkan rezekinya setiap subuh 1.000 dan 2.000.

Terakhir dijelaskannya, setiap akhir bulan dana itu akan dikumpulkan dan dihitung kembali.

” Sedangkan hasilnya nanti kami infakkan ke pondok yang sedang kami rintis dan juga untuk memback up kegiatan GGM dan program-program masyarakat lainnya,” pungkasnya.(MN)

Reporter : Raden Sujono (Jefi)

Related posts

Kepala Daerah Terpilih Hanya Menjabat 3,5 Tahun

Redaksi Magaparang

MES NTB Gelar Silakwil, Program Mawar Emas Perdana Di Dunia

Redaksi Magaparang

Wujudkan Transparansi, Kades Baihaqi Pajang Papan Informasi APBDes Tahun 2021

Redaksi Magaparang

Leave a Comment