NEWS PEMERINTAH DESA SUMBAWA

Desa Dasan Anyar Gelar Panen Rakyat Tambak Udang, Bupati Apresiasi Keberhasilan Kades Solihin

Jereweh, Magaparangnews — Pemerintah Desa Dasan Anyar melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB) Baru Pasinggah sukses menggelar panen rakyat tambak udang vanamei. Ratusan warga serta pejabat penting di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) turut hadir meramaikan acara tersebut pada, Kamis pagi (01/04/2021).

Keberhasilan Kepala Desa Dasan Anyar dalam memberikan pembinaan dapat menjadi pilot project bagi desa-desa lain yang memiliki potensi untuk pengembangan tambak udang.

” Kami mengucapkan terimakasih kepada pak Bupati dan Wakil Bupati sudah menyempatkan hadir dalam acara panen rakyat tambak udang vanamei Desa Dasan Anyar. Dan sungguh ini suatu kehormatan bagi kami selaku pengundang,” ungkap Muhammad Solihin Kades Dasan Anyar dalam sambutannya.

Kades Dasan Anyar Muhammad Solihin saat menyambut kedatangan Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S.IK.,MH

Lanjut Kades Muhammad Solihin, walaupun pemimpin kita banyak kegiatan, tapi beliau berdua masih menyempatkan hadir ditengah kita..

” Ini suatu kebanggan bagi desa kami, pemimpin kita yang sangat sibuk bisa menyempatkan hadir dalam acara ini. Jadi saya berharap kepada seluruh tamu undangan agar memanjatkan doa, semoga pemimpin kita selalu sehat dalam menjalankan amanah rakyatnya,” jelas Kades Solihin akrab disapa.

Dalam kesempatan itu, Kades Solihin juga melaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati terkait keadaan dan kondisi tambak rakyat yang masih belum tertata rapi. Dan diharapkan Pemda KSB melalui dinas terkait agar memberikan atensi serius dalam pengembangan budidaya tambak ini, khususnya tambak udang KUB Baru Pasinggah Desa Dasan Anyar.

Nampak Kades Muhammad Solihin bersama Bupati Sumbawa Barat saat panen udang bersama sejumlah petinggi KSB dan seluruh tamu undangan

” Meskipun dengan segala keterbatasan yang dimiliki, namun masyarakat kami sangat antusias sekali dalam budidaya tambak udang dan alhamdulillah membuahkan hasil seperti yang kita lihat sekarang. Tentu semua ini atas kerja sama yang baik antara masyarakat bersama pemerintah desa,” ulas Kades Solihin yang memiliki background perikanan ini.

Ia juga menyampaikan, bahwa sangat puas dengan hasil yang dicapai masyarakatnya. Dengan panen rakyat ini sekaligus menjawab rasa psimisme masyarakat yang sempat meragukan keberhasilan tambak udang di Desa Dasan Anyar.

“ Hari ini, kita telah melihat bersama, bahwa ini nyata dan bukan bohong. Dan terbukti kita hari ini menggelar panen rakyat udang tambak,” ujarnya antusias.

Masih keterangan Kades Solihin, saat ini baru satu kelompok yang mengelola tambak dengan sistem semi instensif, itupun bantuan dari pihak ketiga. Dan diharapkan kelompok yang lain bisa mengikuti kelompok usaha bersama Baru Pasinggah.

” Hanya saja kendalanya belum memiliki listrik, sehingga dalam sekali panen hanya kisaran 200-300 kg. Namun ketika petani tambak desa kami memiliki listrik akan lebih maju peningkatan ekonominya, dengan hasil panen bisa tembus 500 kg -1 ton per petak,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W.Musyafirin, MM menyampaikan dalam sambutannya, sangat mengapresiasi atas keberhasilan Kades Solihin dalam memberikan pembinaan dan motivasi kepada masyarakatnya untuk pengembangan budidaya tambak udang.

Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W.Musyafirin, MM saat menyampaikan kata sambutan didepan para tamu undangan

” Oleh karena itu, apa yang disampaikan Pak kades tentu sangat kami apresiasi setinggi-tingginya dan kepala dinas terkait untuk terus melakukan pendampingan, karena azas manfaatnya sangat jelas bagi masyarakat,” tegas Bupati.

Menurut Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W.Musyafirin, MM bahwa mengelola tambak udang merupakan aset untuk memulihkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Kepala Dinas terkait untuk terus melakukan pendampingan kepada para pengusaha tambak udang, karena ini adalah aset di tengah kita memulihkan ekonomi sesuai dengan tema RKPD kemarin.

” Apa yang dilakukan masyarakat Dasan Anyar di bawah kendali Pak Kades ini sesuatu yang harus kita tingkatkan. Untuk infrastruktur, jarang tambak rakyat yang punya eskcavator. Sedangkan Infrastruktur dan penataan saya serahkan kepada dinas terkait. Kita sama-sama membantu dan mengawal aspirasi masyarakat yang ingin mengembangkan ekonomi di bidang tambak,” kata Bupati.

Bupati Sumbawa Barat sangat mengapresiasi keberhasilan Kades Muhammad Solihin dalam memberikan pembinaan budidaya tambak udang kepada masyarakatnya

Lanjut Bupati, ditengah susah sekali kita memulihkan ekonomi masyarakat, maka melalui upaya-upaya seperti ini sangat singkron dengan tema penyusunan RKPD dalam Musrenbang tentang pemulihan ekonomi masyarakat.

” Jadi apa yg dilakukan masyarakat Desa Dasan Anyar dibawah kendali pak kades tentu ini sesuatu yg harus kita kembangkan dan tingkatkan. Kemudian listrik harus dirancang dan jaringan juga dibangun, karena kabel-kabel kecil yang tidak standart berbahaya sekali dan berpotensi menyulut kebakaran,” tegas Bupati.

Bupati Sumbawa Barat bersama pejabat tinggi lainnya saat melempar jala kedalam kolam tambak udang

Bupati KSB diakhir sambutannya mengajak kepada pihak perbankan untuk dapat membantu masyarakat nelayan. “ Kami mengajak pihak-pihak perbankan untuk dapat membantu masyarakat nelayan. Kalau kami kemarin bagi sampan, bagi bibit, dan lain sebagainya. Sekarang ini kita prioritaskan bagi tambak-tambak tradisional yang ada di KSB. Dengan mengucapkan alhamdulillahirabbil’alamin, puji syukur kehadirat Allah SWT kita dapat melaksanakan panen tambak udang di Desa Dasan Anyar,” tutup Bupati.

Sementara Darmansyah selaku Ketua KUB Baru Pasingga mengatakan, dengan antusias masyarakat berharap panen rakyat ini bisa menjadi langkah awal agar mendapatkan dukungan yang lebih besar dari Pemerintah Daerah yang sekaligus bisa menjadi motivasi lebih kepada masyarakat nelayan sekitar untuk mengembangkan tambak yang lebih besar melalui kelompok-kelompok nelayan lainnya.

Darmansyah yang mengenakan topi hitam selaku Ketua Kelompok Usaha Bersama Baru Pasinggah Desa Dasan Anyar

“ Kami dari Desa Dasan Anyar tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, karena telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengelola tambak, dan kami berharap ini bisa menjadi cikal bakal lahirnya pelaku tambak lainnya,” ungkap Darmansyah yang juga Sekdes Dasan Anyar.

Ia mengungkapkan, meskipun dalam perjalannya ditemui banyak kendala, namun berkat usaha bersama, akhirnya perlahan-lahan mampu menggeser pola dari nelayan tangkap menjadi nelayan tambak.

” Semoga dengan panen rakyat ini, tidak ada lagi masyarakat yang ragu terhadap budidaya tambak, serta bisa membuka cakrawala berpikir masyarakat terhadap pola perikanan jenis ini. Dan alhamdulillah panen kami tembus sampai 1,3 ton dengan DOC (usia panen) 90 hari
dan size 50-55,” kata Dores sapaan akrabnya.

Ia juga menceritakan bahwa, semenjak dibangunnya tambak ini, telah banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mengelola usaha budidaya tambak udang.

” Mereka rela bergantian hadir memantau langsung ke lokasi tambak, bahkan ada yang rela turun langsung ke dalam kolam untuk mengusahakan agar udang-udang tersebut tidak mati saat listrik padam,” cetus Dores.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Bupati Sumbawa Barat, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Kapolres , Dandim 1628/SB, Dirut Perusda, Kepala Dinas Perikanan beserta jajaran, Kejari Sumbawa Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kades Desa Belo dan keluarga besar Desa Dasan Anyar.

Pantauan media ini, diakhir acara Bupati dan Wakil Bupati secara simbolis melempar jala kedalam tambak secara bersamaan bahwa acara panen udang tambak desa Dasan anyar dimulai, yang kemudian disusul oleh Kapolres, Dandim 1628 dan Kejari KSB. (MN)

Reporter : Raden Sujono (Jefi)

 

Related posts

Kota Mataram Gratiskan Warganya Rapid Test dan Test Swab

Redaksi Magaparang

Luar Biasa, Sumbawa Barat Kembali Raih Opini WTP Ke 7 dari BPK

Redaksi Magaparang

Kepala Desa Tatar Mengucapkan Selamat Atas Pelantikan H.W.Musyafirin dan Fud Syaifuddin Sebagai Bupati dan Wakil Bupati KSB Periode 2021-2025

Redaksi Magaparang

Leave a Comment