NEWS SUMBAWA

Dharma Wanita SMAN 1 Jereweh Terbentuk, Ketua Terpilih Siap Sejahterakan Anggota

Jereweh, Magaparangnews – Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMAN 1 Jereweh Periode 2021-2025 telah terbentuk, setelah secara resmi dikukuhkan oleh Ketua Dharma Wanita NTB Cabang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada, Jum’at 5 Maret 2021.

Dimana kegiatan pengukuhan tersebut berjalan dengan khidmat dan damai, yang bertempat di Aula SMAN 1 Jereweh. Adapun jumlah anggota yang telah dikukuhkan berjumlah 34 orang yang terdiri dari istri-istri pegawai dan ibu guru sekolah setempat.

Menurut Ketua Dharma Wanita terpilih, Ny. Rosmini Suprianto, S.Pd bahwa, sesuai dengan tujuan Dharma Wanita adalah untuk mensejahterakan anggotanya, tentu caranya dengan kita bangun kemitraan dan kerjasama dengan 3 bidang yang ada di unit atau pokja Dharma Wanita baik dibidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.

” Tentunya, selama 5 tahun periode kepengurusan kami akan bekerja sesuai dengan tujuan utama dari pendirian Dharma Wanita, seperti meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS dan non PNS untuk mencapai kesejahteraan,” jelasnya.

Ketua Dharma Wanita terpilih Ny. Rosmini Suprianto, S.Pd 

Sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan bersama, ungkap Ny. Rosmini, bahwa Dharma Wanita memiliki tugas pokok, yaitu membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental serta tugas-tugas lainnya.

” Sehingga kami selaku pengurus Dharma Wanita diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik, profesional dan selalu mendukung tugas-tugas suami dalam mejalankan tugas sebagai tenaga pendidik dan kependidikan di SMAN 1 Jereweh ini,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMAN 1 Jereweh Suprianto, S.Pd.Bio yang juga Pembina Dharma Wanita mengungkapkan, dengan terbentuknya Dharma Wanita SMAN 1 Jereweh ini harus mampu menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara istri-istri pegawai dan juga guru2  yang ada di SMAN 1 Jereweh, dan ini salah satu upaya untuk membentuk keluarga dan kebersamaan.

Pembina Dharma Wanita SMAN 1 Jereweh Suprianto, S.Pd.Bio bersama istrinya Ny. Rosmini Suprianto, S.Pd yang juga Ketua Dharma Wanita SMAN 1 Jereweh

” Kemudian, dibutuhkan peran dari istri-istri pegawai negeri agar tetap memotivasi suaminya agar dapat bekerja dengan maksimal, terutama dalam melayani dan mendidik peserta didik. Karena dengan adanya kerjasama antara ibu Dharma Wanita dengan suami dapat membangkitkan semangat untuk bekerja yang baik,” ucap Kepsek yang murah senyum ini.

Lanjutnya, harapan kami dengan adanya Dharma Wanita ini kita tetap saling terbuka dan bekerjasama yang baik terutama dalam membantu proses pendidikan di SMAN 1 Jereweh. Semua lini akan kita libatkan selain daripada guru, peran masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam dharma wanita.

” Sehingga kedepannya, kita sama-sama mengharapkan kehadiran siswa menjadi maksimal dalam proses pembelajaran. Karena pendidikan menjadi salah satu item penting di dharma wanita, jadi pendidikan yang paling diutamakan dalam pengembangan sekolah SMAN 1 Jereweh kedepan,” ucap Kepsek yang akrab disapa Bang Anto.

Disinggung soal siapa saja yang masuk menjadi pengurus, dirinya menyampaikan, pada intinya dharma wanita terdiri dari istri-istri pegawai negeri, tetapi disini yang penting kebersamaan sehingga semua komponen dilibatkan.

” Semua kita libatkan, mulai dari pegawai TU, guru Non PNS tetap kita libatkan semuanya, jadi kita bahu membahu dengan satu yang lainnya menuju SMAN 1 Jereweh yang gemilang,” paparnya.

Nampak Kegiatan Pengukuhan berjalan dengan lancar

Masih keterangan Bang Anto, bahwa kegiatan pengukuhan ini bukan sebagai ceremonial saja, tetapi benar mampu diimplementasikan dalam tiga aspek, seperti pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.

” Sehingga semua pengurus ibu dharma wanita kita libatkan dalam pelaksanaan. Misalnya, dalam setiap kegiatan lomba kita libatkan, minimal mereka hadir dan melihat secara langsung jalannya kegiatan, seperti lomba kebudayaan, lomba cerdas cermat dan lain sebagainya akan kita libatkan,” paparnya.

Kemudian diharapkan disetiap bidang agar membuat program unggulan setiap tahun. Minimal membuat dua program unggulan dalam satu tahun.

” Sehingga dengan 3 bidang itu, maka selama 6 bulan akan ada kegiatan selama dua bulan sekali. Jadi kelihatan nanti dharma wanita punya peran dalam proses pembentukan karakter pendidikan di SMAN 1 Jereweh khususnya,” urainya.

Terakhir ia menyampaikan, jika targetnya sudah terlaksana dalam dua bulan ada satu kegiatan maka organisasi Dharma wanita menunjukkan bentuk kerjasama yang baik dari program yang mereka rencanakan. Dan dharma wanita menjadi organisasi untuk mempererat silaturrahmi dengan konsep arisan setiap bulan.

” Jadi mereka tetap mengadakan pertemuan, arisan ini memang mengumpulkan uang sedikit namun yang terpenting rasa kebersamaan yang diharapkan, jadi beberapa point yang saya sampaikan agar dapat maksimal dijalankan,” tutup Kepsek Anto penuh harap.

Adapun yang hadir dalam kegiatan pengukuhan tersebut, Kepala Kantor Cabang Dinas Dikbud Provinsi Cabang KSB Hamdon, S.Pd.,MM, Ketua Dharma Wanita KSB Ny. Srinani Hamdon, Pengawas dan istri-istri pengawas, para istri pegawai negeri, ibu pegawai negeri, dan non PNS juga turut dilibatkan.

Pantauan media ini, kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan standart protokol kesehatan pemerintah, dengan mulai mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya.

Sebagai informasi, Dharma Wanita adalah organisasi yang dibentuk  pada tanggal 7 Desember tahun 1999 pada sebuah rapat nasional. Tujuan utama dari pendirian Dharma Wanita adalah meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS dan Non PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.(MN)

Reporter : Raden Sujono

Related posts

Siap-Siap, Perekrutan CPNS Dimulai Maret 2021

Redaksi Magaparang

FENOMENA SENGKETA HARTA DALAM KELUARGA

Redaksi Magaparang

Kini Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Lewat WhatsApp

Redaksi Magaparang

Leave a Comment