NEWS PEMERINTAH DESA

Kades Baihaqi : 16 Desa Diwilayah Lingkar PT AMNT Butuh Peningkatan Ekonomi Bukan Ceremoni

Jereweh, Magaparangnews — Kepala Desa Goa Jereweh Baihaqi menilai keseluruhan program PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) masih hanya bersifat ceremonial semata dan belum mengarah kepada peningkatan pengembangan ekonomi masyarakat.

Sehingga bila ditinjau dari implementasi kebijakan pemberdayaannya, PT AMNT belum terlalu serius dan masih setengah-tengah dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya (CSR/Corporate Social Responsibility)

” Berangkat dari case tersebut, saya memberikan in put kepada petinggi PT Amman Mineral agar melibatkan partisipasi 16 Pemerintah Desa dalam menjalankan program pemberdayaannya agar lebih afektif dan terasa manfaatnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” ungkap Kepala Desa Goa Baihaqi saat ditemui media ini, Sabtu pagi (23/1/2021).

Disampaikan Baihaqi, dengan adanya keterlibatan 16 Pemerintah Desa di wilayah lingkar tambang (Jereweh, Maluk, Sekongkang) maka peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi sebuah keniscayaan.

Kepala Desa Goa Baihaqi duduk disamping Kades Belo Kaharuddin, S.Hi., M.Pd saat mengikuti pertemuan dengan sejumlah Kepala Desa di Jereweh membahas masalah pemberdayaan PT AMNT

” Tentu dengan keterlibatan partisipasi Pemerintah Desa, maka program pemberdayaan PT AMNT menjadi tepat guna dan tepat sasaran dalam peningkatan ekonomi sehingga keberadaan perusahaan tambang memberikan efek domino bagi kesejahteraan masyarakat,” tegas Kades Baihaqi yang merupakan mantan aktivis ini.

Lanjut Kades Baihaqi, aspek pemberdayaan sangat penting dengan memaksimalkan potensi anggaran CSR PT AMNT.

” Dasar hukum perusahaan AMNT melakukan CSR adalah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 74 ayat 1, didalam pasal tersebut sangat jelas konsiderannya,” papar Kades Baihaqi yang dikenal kritis ini.

Masih keterangan Kades Baihaqi, kita menginginkan masyarakat yang mendiami dan bertempat tinggal disekitar perusahaan tersebut akan mendapatkan manfaat dari perusahaan yang bersangkutan

” Bentuk CSR itu dapat dilakukan dengan melaksanakan suatu kegiatan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau penduduk sekitar, menjaga lingkungan hidup, sosial maupun budaya, memberikan beasiswa pendidikan kepada masyarakat yang kurang mampu, membangun fasilitas umum atau kesehatan, serta memberikan bantuan berupa dana ataupun kebutuhan pokok untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” ulas Kades.

Pertemuan yang diinisiasi Kepala Desa Se-Kecamataj Jereweh yang membahas terkait peran desa mengambil peran dalam Pemberdayaan PT AMNT

Kades Baihaqi menambahkan, dengan ada peningkatan kesejahteraan melalui dana CSR akan membangun hubungan PT AMNT dengan pihak Pemerintah Desa menjadi lebih baik lagi, sehingga resiko bisnis seperti adanya kerusuhan dapat diatasi dengan mudah.

” Dengan demikian, biaya pengalihan resiko bisa dipergunakan oleh perusahaan AMNT untuk hal lain yang lebih bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, dengan maksud meminimalisir anggaran CSR untuk hal-hal yang tidak berguna,” pungkasnya.

Terakhir Kades Baihaqi menyampaikan, sehingga dianggap penting agar program pemberdayaan PT AMNT melibatkan peran serta 16 Pemerintah Desa di tiga Kecamatan Jereweh, Maluk dan Sekongkang dalam bentuk kemitraan yang strategis. ” Masukan yang saya sampaikan harus menjadi pertimbangan bagi petinggi PT AMNT dan para pemilik saham supaya in put tesebut dapat direalisasikan, namun jika tidak maka bersama 16 Kepala Desa lainnya kami akan bangun perlawanan,” tukas Baihaqi.

Disampaikan Baihaqi, menindaklanjuti hal tersebut kami berencana akan mengadakan pertemuan Akbar dengan 16 Kepala Desa di wilayah lingkar tambang yang bertempat di Kecamatan Maluk pada hari Rabu 27 Januari 2021 mendatang ini.

” Dimana pointer dalam pertemuan tersebut menyepakati, agar para petinggi PT AMNT seperti Ray Pulungan, Rachmat Makasau dan Cakil untuk bertemu dan berdialog dengan kami para Kepala Desa membahas terkait pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat desa,” tutup Kades Baihaqi dalam statmentnya.(Mn-Wend)

Related posts

Besaran Dana BOS 2021 Antardaerah Tidak Lagi Sama

Redaksi Magaparang

Kades Belo Jereweh Gandeng Baznas KSB, Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Redaksi Magaparang

Kades Goa Nilai Program Pamsimas Gagal, Karena Tidak Bisa Dimanfaatkan Warga

Redaksi Magaparang

Leave a Comment