ADVERTORIAL NEWS SUMBAWA

Joehari Effendy Salurkan BLT DD Tahap Dua, Masyarakat Apresiasi Kinerja Kades Desa Beru Jereweh

Jereweh, Magaparangnews — Pemerintah Desa Beru Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyalurkan Bantuan Lansung Tunai ( BLT) Dana Desa tahap II kepada penerima bantuan sebanyak 135 Kepala Keluarga. Kegiatan penyaluran bantuan tersebut berlangsung di aula Kantor Desa Beru, Selasa (27/10/2020).

Bantuan tersebut diberikan kepada warga miskin yang kehilangan mata pencahariannya karena terdampak pandemi covid-19. Dan sasaran penerima BLT Dana Desa ini, warga yang tidak mendapat bantuan lain, misalnya bantuan PKH, bantuan JPS, dan lainnya.

” Alhamdulillah, pembagian BLT dari Dana Desa tahap II ini berjalan tertib dan lancar. Bansos ini tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran serta berpatokan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saya berharap BLT ini dapat membantu meringankan beban warga, karena sejak pandemi Covid-19 warga kesulitan bekerja,” ungkap Kades Desa Beru Jereweh Joehari Effendy, S.AP di ruang kerjanya.

Kades Desa Beru Jereweh Joehari Effendy, S.AP saat menyalurkan BLT DD tahap II kepada salah satu warga penerima bantuan didampingi Bhabinkamtibmas Desa Beru Jereweh

Menurut Kades, Penyaluran BLT tahap pertama sudah disalurkan sebesar 600.000 ribu perbulan selama tiga kali penyaluran selama 3 bulan berjumlah 1.800.000 ribu rupiah, dan pada tahap ke dua sebesar 300.000 ribu perbulan selama 3 kali penyaluran sebesar 900.000 ribu rupiah dan ini merupakan keputusan baru dari kementrian.

” BLT DD ini adalah bentuk nyata kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19. “Ini merupakan salah satu realisasi dari apa yang telah dianjurkan oleh pemerintah terhadap pelaksanaan alokasi Dana Desa tahun 2020 dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 dan dampak Corona terhadap perekonomian masyarakat,” jelas Kades yang akrab disapa Joe.

Kades Desa Beru Jereweh Joehari Effendy S.AP didampingi Bhabinkamtibmas Desa Beru saat menyampaikan kata sambutan di depan warga penerima bantuan

Pada kesempatan tersebut, Kades Joe mengatakan agar dana yang telah bagikan kepada penerima untuk bisa dimanfaatkan sesuai peruntukannya, seperti keperluan rumah tangga yang sangat mendesak bukan untuk hal-hal yang tidak berguna dan foya-foya.

BLT DD bersumber dari anggaran  Dana Desa. Berdasarkan rapat Musdesus Desa Beru dan Juknis BLT DD bantuan Covid-19, desa harus mengeluarkan bantuan untuk 135 KK dengan total anggaran yang dikucurkan sebesar 121 juta.

“Gunakanlah dana ini dengan sebaik mungkin, sesuai dengan kebutuhan. Karena perjalanan dan pemutusan mata rantai Covid 19, kita tidak tahu kapan akan berakhirnya. Sehingga, manfaatkanlah BLT dari DD tersebut sebagai kebutuhan pokok,” tutup Kades Joe.

Salah seorang penerima bantuan ini mengatakan kepada media bahwa dia sangat bahagia dan senang karena bantuan dari Pemdes Beru sangat membantu sekali perekonomian keluarga akibat terdampak Covid-19.

Sejumlah warga penerima manfaat BLT DD tahap II yang hadir di Aula kantor Desa Beru Jereweh

Menurut warga, kami selaku penerima bantuan ini sangat merasa senang dan bersyukur, dan berterimakasih kepada pihak pemerintah Desa Beru yang telah memberikan bantuan ini dengan tepat sasaran.

“Kami bangga memiliki sosok Kades separti bapak Joehari Effendy, S.AP yang mengerti akan kebutuhan warganya dan dalam kesempatan ini kami mengapresiasi kinerja Kades Desa Beru Jereweh atas pengabdian dan dedikasi beliau memimpin Desa yang kami cintai ini. Beliau melayani kami dengan sungguh-sungguh dan setulus hati, dan alhamdulillah BLT DD tahap II sudah kami terima,” jelas warga.

Uang ini kami pergunakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari, dan semoga kedepannya pemerintah selalu memperhatikan masyarakat yang kurang mampu seperti ini, tutup warga.

Warga Desa Beru selaku penerima manfaat dari program BLT DD tahap II

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Beru bersama perangkat, BPD Desa Beru diwakili Muhlis, Bhabinkamtibmas, unsur RT dan Kadus Desa Beru, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat penerima manfaat program BLT Dana Desa.

Dalam penyaluran BLT DD tahap II tidak ada polemik di masyarakat. Sebagaimana halnya penyaluran BLT DD tahap I, semua proses penyaluran BLT DD tahap II berjalan lancar. Hal ini terwujud karena kerja sama dan sinergitas antara Ketua RT, ketua RW, BPD, LPMD, perangkat desa, dan relawan Covid 19

Terpantau media, kegiatan berjalan aman dan lancar hingga usai. Mereka tetap menerapkan protokol kesehatan, mencuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak saat kegiatan berlangsung. (Mn.Jef)

Related posts

Diduga Miliki 4 Poket Sabu, Warga Kecamatan Taliwang Diciduk Polres KSB

Redaksi Magaparang

Investasi PT SBM Legal, Polisi dan TNI Jamin Keamanan

Redaksi Magaparang

KSB Raih Penghargaan Dari KASN Dengan Predikat Baik

Redaksi Magaparang

Leave a Comment